Format Surat Pengunduran Diri (Resign) Dari Kerja Yang Baik dan Benar

20:33:59, 11 Juni 2021 by Administrator

Format Surat Pengunduran Diri (Resign) Dari Kerja Yang Baik dan Benar - Sebelum mengetahui contoh surat pengunduran diri, ada baiknya kamu harus tahu terlebih dulu, nih, apa-apa saja yang perlu dipersiapkan. Pasalnya, kamu tidak bisa mengundurkan diri begitu saja. Pasti, ada beberapa peraturan perusahaan terkait yang harus dipenuhi. Selain itu, setidaknya kamu harus mempersiapkan hal-hal berikut:

1. Cermati kontrak kerjamu

Sebelum benar-benar ingin mengajukan resign, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu kontrak kerja di perusahaan terkait. Kira-kira, masa kontraknya mau habis atau masih lama? Lalu, kalau resign sebelum masa kontrak habis dapat denda penalti dari perusahaan nggak? Hal ini perlu diperhatikan dengan baik supaya dari pihak dirimu dan perusahaan tidak ada salah paham.

2. Bicarakan dengan baik-baik kepada atasan mengenai alasanmu resign

Kamu harus benar-benar memikirkan keputusan resign yang ingin diambil. Jangan sampai, keputusan ini dilandasi dengan alasan yang tidak kuat. Untuk memastikan semuanya, kamu harus mengajak diskusi terlebih dahulu dengan atasanmu terkait masalahmu yang dihadapi sehingga berniat mengajukan resign. Jika memang alasan dan tujuanmu sudah jelas, paparkan dengan perlahan-lahan supaya atasan juga mengerti apa yang kamu inginkan.

3. Tetap patuhi peraturan dari perusahaan terkait

Terlepas dari keinginanmu hendak mengundurkan diri, pahami juga peraturan dari perusahaan terkait. Jika diharuskan one month notice, sebaiknya kirimkan pengajuan resign sebulan sebelum kamu keluar dari perusahaan. Hal ini dilakukan supaya perusahaan juga bersiap-siap dengan kepergianmu.

Bagian-Bagian Penting yang Harus Ditulis dalam Surat Pengunduran Diri

1. Cantumkan tujuan yang kuat dan masuk akal

Jika kamu lihat contoh surat pengunduran diri yang beredar di internet, biasanya di dalamnya terdapat tujuan yang melandasi pengunduran diri. Nah, hal ini adalah elemen penting yang harus dimasukkan supaya atasan dan perusahaan mengerti maksud dan tujuanmu resign. Sebisa mungkin, tulis tujuan yang kuat dan masuk akal secara singkat, padat, dan jelas.

2. Identitas diri

Tak lupa juga, cantumkan identitas dirimu sebagai karyawan di perusahaan terkait yang mencangkup, nama, alamat, jabatan, dan lain-lain. Identitas tersebut akan memudahkan perusahaan untuk mengumpulkan data diri karyawannya yang hendak mengajukan resign.

3. Jangan lupa cantumkan ucapan terima kasih dan maaf

Di akhir bagian surat, jangan lupa cantumkan ucapan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk melakukan pengembangan diri selama di perusahaan. Selain itu, beri juga ucapan minta maaf jikalau ada salah-salah kata atau perbuatan yang telah dibuat selama bekerja di sana. Hal ini akan membuat perusahaan merasa dihargai dan kamu menunjukkan rasa hormat kepada mereka.

4. Pilihlah kata-kata yang sopan

Seperti yang kita ketahui, hampir semua contoh surat pengunduran diri berisikan kata-kata sopan. Lewat kata-kata sopan tersebut, kamu bisa menaruh hormat kepada perusahaan dan telah menghargai mereka karena telah memberikanmu kesempatan. Jadi, bukan menggunakan kata seenaknya, ya. Tetap jaga profesionalitas meski hendak mengundurkan diri.