TINGKATKAN POTENSI WISATA KAPAL SELAM, POLTEKPEL SUMBAR ADAKAN TRANSPLANTASI TERUMBU KARANG

12:31:38, 30 Agustus 2021 by Administrator

Pariaman - Politeknik Pelayaran Sumatera Barat menggelar kegiatan transplantasi terumbu karang di Pulau Ujuang Kota Pariaman, Senin (30/8). Kegiatan ini merupakan salah satu program Pengabdian Masyarakat yang digagas oleh Direktur Poltekpel Sumbar, Capt. M Abduh, M.M.Tr. 

"Politeknik Pelayaran Sumatera Barat adalah sekolah pelayaran yang sertifikasinya telah di setujui  oleh organisasi dunia seperti International Maritime Organization (IMO), di mana organisasi ini adalah fungsional Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengatur kegiatan pelayaran internasional di seluruh dunia. Dengan slogan "Safe, Secure And Efficient Shipping On Clean Oceans”,  IMO berkomitmen untuk melestarikan lautan-lautan di dunia, dan kami turut membantu menjalankan amanah dari IMO untuk menjaga lautan berserta isinya di indonesia khususnya di Sumatera Barat ini." Ungkap Direktur Poltekpel Sumbar.

Kegiatan ini turut dibuka oleh Walikota Pariaman Genius Umar dengan secara simbolis menerima transplantasi terumbu karang dari Dirtektur Poltekpel Sumbar. Walikota Pariaman menyambut baik kegiatan ini. 

"Pemko Pariaman saat ini masih menjalin kerjasama yang baik dengan Poltekpel Sumbar, baik dari segi pendidikan sampai penjagaan ekosistem biota laut dan keindahan Pantai di Kota Pariaman. Oleh karena itu Pemko Pariaman juga membuka ruang lebar bagi Poltekpel Sumbar apabila Kota Pariaman dijadikan laboratorium bagi taruna yang ingin mempraktekkan ilmu yang didapat di Poltekpel Sumbar." Ujar Walikota Pariaman memberikan apresiasi.

Kegiatan juga diikuti oleh para dosen fungsional Poltekpel Sumbar, Tim Medis, beserta taruna dan taruni. 

"Kegiatan ini juga sebagai bentuk kontribusi Civitas Ademika Poltekpel Sumbar dalam merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni mengabdi untuk masyarakat." Tambah Jose Beno S.ST.,M.Si selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Poltekpel Sumbar.

Transplantasi terumbu karang ini juga turut dibantu oleh Kelompok Raja Samudera selaku mitra konservasi Pulau Ujuang. 

Untuk merealisasikan kegiatan ini, Poltekpel Sumbar telah menjalin kerjasama dengan Pemkot Pariaman dan Komunitas Pecinta Lingkungan Laut Raja Samudera.  

Terumbu karang (coral reef ) merupakan organisme yang hidup didasar perairan dan berupa bentukan batuan kapur (CaCO3) yang cukup kuat menahan gaya gelombang laut. Terumbu karang juga merupakan komponen utama sumber daya pesisir laut serta kehidupan salah satu kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia sebagai negara tropis yang tidak ternilai harganya.

Transplantasi terumbu karang juga diharapkan dapat berkembang dengan baik sehingga bisa meningkatkan potensi wisata selam Kota Pariaman. 

Terumbu karang juga bermanfaat sebagai habitat dan sumber makanan bagi berbagai jenis makhluk hidup di laut. 

"Sudah seharusnya kita sebagai masyarakat ikut serta dalam menjaga dan melindungi laut serta ekosistem terumbu karang agar tidak terjadi kerusakan." Tambah Direktur Poltekpel Sumbar.

Ada 15 transplantasi terumbu karang yang akan dilakukan di Pulau Ujung Kota Pariaman. Untuk luas 1 (satu) keranjang terumbu karang 1,5 x 1 M dengan model laba – laba. Poltekpel Sumbar dalam melakukan transplantasi terumbu karang telah melakukan persiapan, mulai dari alat selam yang lengkap sampai penyelam. Para peserta yang terlibat dalam kegiatan juga dirapid terlebih dahulu. Kegiatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. (MM)