Frequently asked questions

Setiap warga negara Indonesia dan/atau badan hukum Indonesia sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

  1. Buka situs http://diklat.poltekpelsumbar.ac.id/
  2. Klik Register jika belum memiliki akun, kemudian lakukan pengisian data lalu pilih jenis & periode diklat
  3. Upload berkas dokumen sesuai dengan persyaratan diklat (dokumen/file yang diupload dapat berupa jpg/pdf sesuai dengan ketentuan dengan ukuran min 100 Kb & max 500 Kb)
  4. Menunggu hasil verifikasi berkas
  5. Jika verifikasi berkas gagal, pendaftar akan diminta untuk mengupload ulang berkas sesuai dengan ketentuan. Jika verifikasi berhasil, pendaftar dapat melakukan pendaftaran ke tahap selanjutnya
  6. Pendaftar mendapatkan nomor rekening untuk melakukan pembayaran biaya diklat sesuai dengan nominal yang tertera di pengumuman diklat/persyaratan diklat. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer via Teller/ATM/mbanking/internet banking
  7. Pendaftar wajib mengupload bukti pembayaran melalui situs pendaftaran diklat online sebagai bukti telah melakukan pembayaran biaya diklat
  8. Pendaftar menyerahkan/mengirimkan seluruh berkas dokumen fisik persyaratan diklat sesuai dengan yang sudah diupload ke bagian loket pendaftaran diklat. Pendaftar yang berasal dari luar provinsi Sumatera Barat dapat mengirimkan berkas dokumen ke alamat (Poltekpel Sumbar) Jl. Syeh Burhanuddin No.1, Korong Tiram Kenegarian Tapakis, Kec. Ulakan Tapakis Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat 25572 (Kontak diklat Poltekpel Sumbar 081374532006).
  9. Jika pihak diklat sudah menerima berkas fisik pendaftar, selanjutnya pendaftar menunggu panggilan untuk pelaksanaan diklat yang akan diinfokan via WhatsApp oleh bagian diklat.

  1. Pendaftaran diklat hanya dapat dilakukan dengan mengunjungi loket pendaftaran diklat Poltekpel Sumbar pada jam dan hari kerja. Pendaftaran diklat peningkatan hanya dibuka pada periode tertentu sesuai dengan pengumuman di website/media sosial Poltekpel Sumbar (*pendaftaran secara online belum tersedia)
  2. Pendaftar mengambil nomor antrian
  3. Isi formulir sesuai dengan jenis diklat yang ingin diambil
  4. Pendaftar menyerahkan berkas sesuai dengan persyaratan diklat
  5. Bagian pendaftaran diklat melakukan verifikasi berkas pendaftar, berkas akan diterima jika seluruh persyaratan lengkap
  6. Pendaftar kemudian diarahkan melakukan pembayaran biaya pendaftaran ke nomor rekening yang diinformasikan oleh bagian pendaftaran diklat dengan nominal sesuai dengan pengumuman pendaftaran
  7. Pendaftar menyerahkan bukti pembayaran ke bagian pendaftaran diklat
  8. Selanjutnya pendaftar menunggu informasi untuk pelaksanaan tes/seleksi akademik dan wawancara yang akan diinfokan melalui website poltekpelsumbar.ac.id atau sosia media Poltekpel Sumbar
  9. Pendaftar menunggu hasil pengumuman seleksi di website/media sosial Poltekpel Sumbar
  10. Pendaftar yang lulus seleksi dapat melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan dalam pengumuman. Pendaftar dengan jalur mandiri/berbayar dapat melakukan pembayaran biaya diklat pada saat pendaftaran ulang ke nomor rekening yang diinfokan dengan nominal sesuai dengan pengumuman.
  11. Pendaftar dapat memulai diklat

  1. Pendaftaran DPM hanya dapat dilakukan dengan mengunjungi loket pendaftaran diklat Poltekpel Sumbar pada jam dan hari kerja. (*pendaftaran secara online belum tersedia)
  2. Pendaftar mengambil nomor antrian
  3. Isi formulir sesuai dengan paket DPM yang ingin diambil
  4. Pendaftar menyerahkan berkas sesuai dengan persyaratan diklat
  5. Pihak diklat melakukan verifikasi berkas pendaftar, berkas akan diterima jika seluruh persyaratan lengkap
  6. Pendaftar akan dihubungi lebih lanjut melalui WhatsApp untuk informasi pelaksanaan diklat

 

  1. Peserta mengunjungi loket diklat Poltekpel Sumbar pada jam dan hari kerja
  2. Peserta mengambil nomor antrian
  3. Peserta memberikan informasi nama, jenis dan periode/jadwal pelaksanaan diklat yang sudah dilaksanakan oleh peserta
  4. Peserta menandatangani bukti penyerahan sertifikat
  5. Peserta sukses mendapatkan sertifikat
  6. Peserta yang tidak dapat mengambil sertifikat dapat diwakilkan oleh pihak ke-3 dengan menyerahkan bukti surat kuasa pengambilan sertifikat

  1. Buka situs https://dokumenpelaut.dephub.go.id/
  2. Pilih menu buku pelaut
  3. Pilih menu pelaut, Login jika anda sudah memiliki akun. Jika anda belum memiliki akun, silahkan pilih buat akun pelaut anda dan isi data anda secara benar, pastikan email yang anda daftarkan masih aktif
  4. Kode keamanan (security code) akan dikirimkan ke email yang telah anda daftarkan. Selanjutnya, cek kotak masuk pada email anda. Jika data email yang anda masukkan benar maka anda akan menerima kode keamanan yang diperlukan untuk verifikasi akun anda.
  5. Lakukan verifikasi akun pelaut anda. Jika pembuatan akun anda berhasil, anda dapat login dan melanjutkan pembuatan buku pelaut online
  6. Tahap pembuatan buku pelaut online adalah sebagai berikut :

Seleksi Penerimaan Calon Taruna atau yang disingkat dengan SIPENCATAR adalah metode penerimaan Taruna baru di perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan. Seleksi ini melalui beberapa tahapan, di antaranya adalah: Pendaftaran online untuk seleksi administrasi online, tes kompetensi dasar (jalur pola pembibitan), tes akademik dan psikotes, tes kesehatan, tes kesamaptaan dan wawancara.

Poltekpel Sumbar membuka 2 jalur pendaftaran yaitu :

1. Jalur Reguler Pola pembibitan (Polbit)

Pola pembibitan adalah jalur yang dibuka oleh BPSDM Kemenhub yang ditujukan untuk pengangkatan sebagai PNS dan ditempatkan di instansi sesuai penunjukan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi setelah menempuh pendidikan di salah satu dari 22 Sekolah Transportasi (UPT) dibawah BPSDMP Kemenhub. Seluruh proses pendaftaran Pola Pembibitan beserta proses informasi tahapan seleksinya dilakukan secara online melalui situs dikdin.bkn.go.id/ dan sipencatar.dephub.go.id. Tahapan seleksi akan dilaksanakan bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara dengan diselenggarakan Tes Kompetesi Dasar (TKD) dan Tes Potensi Akademik (TPA) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) seperti pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

2. Jalur Reguler Non Pola Pembibitan

Reguler adalah jalur yang dibuka secara umum oleh Poltekpel Sumbar, dibawah koordinasi dengan BPSDM Kemenhub. Para lulusan jalur reguler yang telah menempuh pendidikan di Poltekpel Sumbar, dapat mengisi jenjang kerja pada non ikatan dinas (tidak menjadi CPNS). Mereka dapat berkarir sebagai perwira kapal niaga domestik hingga internasional dan bekerja di berbagai stakeholder industri maritime atau perusahaan pelayaran milik BUMN. Seluruh proses pendaftaran jalur regular beserta proses informasi tahapan seleksinya dilakukan secara online melalui situs sipencatar.dephub.go.id

Untuk cara pendaftaran dapat dilihat pada halaman panduan atau klik link berikut : https://sipencatar.dephub.go.id/panduan

Calon pendaftar sudah dapat melakukan pendaftaran online di sipencatar.dephub.go.id

Persyaratan Umum Pendaftaran SIPENCATAR :

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Usia maksimal 23 tahun dan minimal 16 tahun per 1 September 2020;
  3. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) memiliki nilai rata-rata ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 7,0 (skala penilaian 1-10) / 70,00 (skala penilaian 10-100) / 2,8 (skala penilaian 1-4);
  4. Tinggi badan minimal pria 160 cm dan wanita 155 cm;
  5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS serta bebas narkoba;
  6. Calon Taruna tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat;
  7. Calon Taruni tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 pasang (telinga kiri dan kanan);
  8. Ketajaman penglihatan normal dan tidak ada kelainan buta warna baik parsial maupun total;
  9. Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan;
  10. Belum pernah diberhentikan sebagai Taruna/Taruni di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan dan Perguruan Tinggi lainnya dengan tidak hormat;
  11. Bersedia diberhentikan dengan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal antara lain mengkonsumsi dan atau menjual belikan narkoba, melakukan tindak kekerasan (perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan dll), melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual;
  12. Bersedia menaati segala peraturan yang berlaku;
  13. Dinyatakan gugur apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas / dokumen;
  14. Bersedia menandatangani Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni (bermaterai 6000 Rupiah);
  15. Memiliki Surat Elektronik/ e-mail yang masih aktif.

Persyaratan Khusus Pendaftaran SIPENCATAR :

Poltekpel Sumbar membuka pendaftaran Sipencatar untuk 3 jurusan, yaitu D III Nautika, D III Teknologi Nautika, dan D IV Transportasi Laut. Berkas Pendaftaran yang harus dipersiapkan antara lain :

  1. Pasfoto terbaru berlatar merah ukuran 4x6 cm (soft copy);
  2. Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan Kependudukan (scan & foto copy);
  3. Scan & fotokopi Ijazah dan SKHU (dilegalisir)
  4. Untuk program D-III Nautika
    • SMA/MA (IPA); atau
    • SMK Pelayaran Nautika Kapal Niaga
  5. Untuk program D-III Teknologi Nautika
    • SMA/MA (IPA); atau
    • SMK Pelayaran Jurusan Teknika; SMK/MA Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika (Kecuali Teknik Audio Video), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Pendingin Dan Tata Udara, Teknik Perkapalan Untuk Program Keahlian Teknik Instalasi Permesinan Kapal, Teknik Instrumentasi Industri
  6. Untuk program D-IV Transportasi Laut
    • SMA/MA (IPA/IPS); atau
    • SMK Bidang Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan, Teknik Komputer dan Informatika.
  7. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan yang dibuktikan dengan surat keterangan belum pernah menikah dari Kelurahan / Kepala Desa sesuai domisili;
  8. Surat pernyataan calon taruna/i bermaterai 6000 rupiah (sesuai format yang ditetapkan);
  9. Tanda bukti pendaftaran

Tahapan seleksi dapat dilihat pada link : https://sipencatar.dephub.go.id/alur-jadwal dan berlaku sistem gugur pada masing-masing tahapan seleksi. Jadi, peserta yang gagal pada suatu tahapan tidak dapat mengikuti tahapan seleksi berikutnya.

Biaya seleksi dibebankan kepada masing-masing peserta, dan jumlah biaya sesuai dengan rincian masing-masing tahap seleksi. Peserta akan mendapatkan info pembayaran pada akun masing-masing sesuai dengan tahapan seleksi yang akan dilalui oleh peserta. Jadi, waktu pembayaran baru dapat dilakukan jika peserta lulus suatu tahapan seleksi dan akan menempuh tahapan seleksi berikutnya. Pengumuman kelulusan peserta akan diinfokan melalui website SIPENCATAR. Pembayaran seleksi dapat dilakukan via Teller/ATM/M-banking/Internet Banking. Peserta diwajibkan mengupload/menyerahkan bukti pembayaran untuk dapat lanjut ke tahapan seleksi berikutnya.

Tes/seleksi SIPENCATAR tersedia di 40 (Empat Puluh) lokasi tes se-Indonesia. Peserta dapat memilih lokasi tes terdekat dari tempat tinggalnya. Jadi, peserta tidak wajib memilih lokasi tes di Poltekpel Sumbar meskipun peserta memilih mendaftar di sekolah Poltekpel Sumbar. Jika peserta sudah lulus semua tahapan tes dan terpilih menjadi Calon Taruna Poltekpel Sumbar, barulah peserta diwajibkan untuk datang melakukan pendaftaran ulang dan pembelajaran di Poltekpel Sumbar.

Peserta diwajibkan teliti saat melakukan pengisian data untuk pendaftaran online, karena data yang sudah diinput tidak dapat diubah kembali, baik data NIK, Nama, E-mail, dan data lainnya. Kesalahan memasukkan data menjadi tanggungjawab masing-masing peserta. Jadi, mohon HATI-HATI dalam menginput data.