KAPTEN KAPAL EVERGREEN GROUP BERIKAN KULIAH UMUM UNTUK TARUNA/I POLTEKPEL SUMBAR

14:43:44, 11 Juli 2022 by Administrator

Padang Pariaman - Sebanyak 158 Taruna/i Politeknik Pelayaran Sumatera Barat mengikuti kuliah umum dari PT. Evergreen Group, salah satu perusahaan kapal terbesar di dunia asal Taiwan. Kegiatan kuliah umum dilaksanakan di dining hall Poltekpel Sumbar pada Senin, (11/07).

Kegiatan kuliah umum menghadirkan narasumber dari Kapten kapal kontainer Evergreen Group, Bayu Sugara.

Bayu mengungkapkan saat ini terjadi peningkatan perdagangan di dunia dan mendorong meningkatnya kebutuhan alat transportasi, khususnya di laut. Sebab itu banyak perusahaan kapal dunia yang membutuhkan banyak Sumber Daya Manusia (SDM).

“Sekarang perusahaan berlomba-lomba membuat kapal lebih besar. Karena itu juga, produsen membutuhkan banyak SDM. Ini jadi salah satu motivasi saya untuk memberikan ilmu dan pengalaman kepada para taruna/taruni Poltekpel Sumbar agar bisa mampu bersaing dan berkarir di mancanegara,” katanya saat menyampaikan kuliah umum.

Bayu mengungkapkan untuk dapat bersaing dan berkarir di mancanegara, taruna dan taruni harus memiliki kemampuan dan keahlian, seperti menguasai bahasa asing, memiliki sertifikat kompetensi sesuai standar dari International Maritime Organizations (IMO), punya fisik yang kuat, disiplin yang tinggi, dan loyal terhadap instruksi di kapal.

Sementara itu, Kepala Bidang Pegembangan Teknologi Pembelajaran Poltekpel Sumbar, Albertus Eko Kuswinoto, S.Si.T., M.Mar berharap lewat kuliah umum yang diselenggarakan, taruna/i Poltekpel Sumbar dapat lebih memahami hard skill dan soft skill agar bisa bersaing dan diterima di industri perkapalan luar negeri.

“Kami sangat berterima kasih di sela-sela waktunya Kapten Bayu bisa membagikan pengalaman dan ilmunya kepada taruna/taruni kami. Saya berharap mereka nanti mampu berkarir di industri perkapalan luat negeri. Selain itu kami juga berharap agar para tenaga praktisi semakin banyak yang peduli terhadap para taruna/taruni, baik itu sharing knowledge ataupun berbagi pengalaman,” tutup Eko.‚Äč