POLTEKPEL SUMBAR PERINGATI HARI PELAUT SEDUNIA 2021, DUKUNG KEBIJAKAN KEMENHUB UNTUK PELAUT

16:13:34, 25 Juni 2021 by Administrator

Direktur dan Segenap Civitas Akademika Politeknik Pelayaran Sumatera Barat mengucapkan Selamat Hari Pelaut Sedunia, 25 Juni 2021! Fair Future for Seafarers ⚓!

Hari Pelaut Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 2011 saat IMO mengkampanyekan dan menggalang dukungan Internasional untuk mengucapkan terima kasih kepada para Pelaut yang telah berkontribusi dan berperan penting terhadap distribusi perdagangan global dan perekonomian dunia. Untuk itu, Indonesia siap mendukung program-program ASEAN dan PBB terkait isu pelaut.

Pada 27 Mei lalu, Delegasi Indonesia hadir pada pertemuan Intersessional Discussion on Covid 19 : Responses of ASEAN Member States to Seafarer’ Access to Crew Change, Repatriation, and National Vaccination Programmes. Dari pertemuan tersebut, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berkomitmen untuk memfasilitasi pergantian awak kapal, repatriasi dan vaksinasi pelaut.

Sejak 24 April 2020 hingga saat ini, Indonesia telah memfasilitasi crew change sebanyak 6.563 pelaut dan telah melakukan vaksinasi kepada lebih dari 8.123 pelaut. Ditargetkan sebanyak 15.000 pelaut akan mendapatkan vaksin prioritas pada akhir 2021 nanti.

Indonesia juga turut aktif dalam Pertemuan ke-103 the Maritime Safety Committee dan mendukung draft resolusi terhadap rekomendasi untuk mempriortiaskan program vaksinasi bagi Pelaut. Sosialisasi lebih luas digencarkan dengan tagar INDONESIAN HEROES atau Indonesian Healthy and Ready Onboard Seafarers untuk mendukung program vaksinasi bagi Pelaut.

Mari wujudkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pelaut, Pahlawan Devisa Negara! (MM)